Metode Penelitian Vegetasi

Metode Penelitian Vegetasi Lantai dan Tanaman Budidaya di Sebuah Ekosistem

Indonesia merupakan salah satu negara prioritas utama dalam upaya pelestarian keanekaragaman hayati karena memiliki biodiversitas terbesar kedua di dunia setelah Brazil. Menurut Mc Kinnon (1998), Kepulauan Sunda Besar yaitu Sumatera, Jawa, Bali memiliki peran yang sangat penting dalam penyelidikan alam oleh Alfred Russel Wallace pada jaman Ratu Victoria. Setelah lebih dari seratus lima puluh tahun masa penelitian Wallace, keseimbangan ekosistem telah berubah karena rusaknya hutan-hutan Indonesia. Jika kita tidak menyusun dokumentasi mengenai kemelimpahan vegetasi dan faunanya, informasi mengenai kekayaan hayati dapat hilang selamanya. 

Salah satu metode penelitian vegetasi lantai dan tanaman budidaya di sebuah ekosistem adalah menggunakan Metode Kuadrat Plot. Data vegetasi dicuplik dengan metode kuadrat plot, dengan ukur 10m x 20m, 5m x 5m dan 1m x 1m dengan ulangan 5 kali, ukuran bergantung pada densitas jenis yang hadir. Parameter yang diukur jenis vegetasi, densitas, tekstur tanah, kandungan hara dengan parameter yang diukur adalah; NO3, NH4, PO4, Ca, C-organik, K, Intensitas cahaya, suhu udara, suhu tanah, kelembapan udara, pH tanah. Misalkan dua lokasi, masing- masing 2 stasiun lokasi penelitian.. Hasil penelitian berupa 3 jenis tumbuhan paling melimpah dalam satuan individu per 0,1 hektare.

Yang perlu dicatat juga mengenai apakah tumbuhan sangat tergantung curah hujan, tentang tipis atau tebalnya lapisan tanah dan ketersediaan hara, dan topografi datar atau lereng. Selain itu, perlu diperhatikan apakah kemelimpahan vegetasi alami bergantung pada penutupan kanopi dan topografi atau tidak. Biasanya lokasi tanpa kanopi akan menyebabkan intensitas cahaya sesuai untuk pertumbuhan semak dan rumput.Image

Leave a comment

Filed under Conservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s