Metode Pengamatan Burung

Bagi pengamat burung, mengetahui metode pengamatan ini wajib hukumnya. Tapi informasi singkat ini bukan ditujukan untuk mereka yang sudah ahli, namun untuk siapa saja yang tertarik terhadap alam, jalan-jalan ke hutan perawan dimana burung-burung beterbangan, ada baiknya jika ingin mencatat kemelimpahan burung dengan lebih sistematis.

Salah satu metode pengamatan burung adalah dengan Metode Encounter Rates (tingkat pertemuan) yaitu pengamatan langsung dengan cara  menjelajah dan menghitung setiap individu yang ditemui. Pengambilan data dilakukan  dua kali dalam sehari yaitu jam 06.00-09.00 dan 15.30-17.30 selama 3 kali oleh 5 kelompok pengamat. Burung yang dijumpai kemudian diidentifikasi dengan menggunakan buku Mac Kinnon,  Karen Phillips, Bas Van Ballen (1998)  dan Mac Kinnon (1991). Kemelimpahan relatif dianalsis menurut Lowen dkk. (Colin Bibby 2000).

Pengamatan bisa dilakukan dengan teropong binokuler merk carton dengan ukuran 8 x 30 tipe 430 FT/1000 YDS made in Japan atau binokuler jenis lain. Setiap burung yang dijumpai diperhatikan ukuran, warna, dan suaranya sera ciri-ciri khasnya, kemudian diidentifiksasi dengan buku Mac Kinnon (1991) dan Mac Kinnon dkk. (1998). Secara kualitatif struktur vegetasi habitat burung diidentifikasi dengan buku botanica  (1998) dan buku-buku lain yang diperlukan.

Pencatatan data meliputi; jenis burung, jumlah burung, habitat, aktivitas. Untuk menentukan kelimpahan relatif dengan menghitung tingkat pertemuan setiap jenis dengan membagi jumlah burung yang tercatat dengan jumlah jam pengamatan, yang memberikan hasil jumlah burung  perjam untuk setiap jenis. Image

Daftar Pustaka :

George W. Cox. (1997). Conservation Biology Conceppts and Applications. Dubuque: The McGraw Hill Companies.

Geoff Burnie,et.al. (1998). Botanica. Australia: Periplus. Editions (HK) limited edition.

Leave a comment

Filed under Conservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s