Surfing di Sungai

Oleh Nur Laeliyatul Masruroh

Helicopters watched from the sky a number of tourists who surf the Bono waves at Kampar River, Pelalawan, Riau. Bono waves are known as the Seven Ghost in the RAPP concession area, which enable to developed as a sports facility as well as the world ecotourism. Photo by Yahoo.

Indonesia memiliki satu keunggulan alam lagi, yaitu ombak sungai di wilayah Kepulauan Riau, Sumatra. Tidak salah jika dunia menobatkan Indonesia sebagai number one surfing destination in the world.

Metro TV pada Jumat 8 Juni 2012 dalam acara 8-11 mengangkat soal surfing di ombak sungai tersebut. Menurut Arya Subiakti, peselancar dan pembuat film Bono, masih banyak wilayah Indonesia yang potensial untuk surfing yang belum terekspos.

Ombak besar di sungai tersebut datang ketika bulan purnama dan bulan baru. Tiap bulan pasti muncul. Hanya saja besarnya tidak bisa diperkirakan, karena tergantung juga pada hujan yang turun.

Indonesia memiliki 17.508 pulau terletak di Samudra pasifik dan Hindia. Surfing memang baik dilakukan di ombak-ombak yang berhadapan dengan samudra.

Banyak turis asing datang menunggu ombak sungai tersebut, terutama dari Perancis. Karena di negara mereka sudah ada ombak sungai semacam itu.

Umumnya peselancar melakukan observasi di wilayah baru karena ingin menjadi yang pertama menemukan wilayah surfing dan yang pertama mencobanya.

Surfing di ombak sungai di Kepulauan Riau tersebut dapat meluncur sejauh 50 km selama satu setengah jam. Ombak memang datang hanya satu hari itu untuk 1,5 jam. Setelah ombak berlalu, wisata ngapain? Karena daerah tersebut masih sangat perawan, perlu dibangun tempat singgah dan istirahat untuk memudahkan berjelajah ke sana. Namun, pembangunannya tetap harus memperhatikan etika ekotourism agar kelestarian alamnya tetap terjaga.

Ekotourism ini meningkatkan potensi surfing Indonesia. Kita turut bangga bisa memanfaatkan dan menjaganya.

Depok, 8 Juni 2012.

Leave a comment

Filed under Environment, Lifestyle

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s