Universitas Gottingen Jerman Tawarkan Joint Degree Program di Bidang Pertanian

Laporan dari Ratih Anbarini

[Unpad.ac.id, 20/11] Sektor pertanian merupakan salah satu bidang yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat dunia. Tantangan global dalam hal lingkungan menuntut setiap negara menerapkan teknologi untuk menyelamatkan sektor pertanian baik untuk masyarakat saat ini maupun generasi mendatang.

Dr. Ronald F. Kuhne (Foto: Tedi Yusup)

Dr. Ronald F. Kuhne (Foto: Tedi Yusup)

Dr. Ronald F. Kuhne (Foto: Tedi Yusup)

Konsultan Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Pertanian Universitas Gottingen, Jerman, Dr. Ronald F. Kuhne, mengatakan hal tersebut saat memberikan presentasi Program “Sustainable International Agriculture” (SIA) di Executive Lounge, Gedung Baru Rektorat Lantai 2, Jln. Dipati Ukur 35 Bandung. Ia menjelaskan bahwa SIA merupakan joint degree yang ditawarkan  Fakultas Ilmu Pertanian Organik Universitas Kassel dan Fakultas Pertanian Universitas Gottingen, Jerman.

“Ini merupakan program master dengan gelar M.Sc. yang terdiri dari empat semester dan dilakukan di masing-masing universitas secara bergantian. Program ini bertujuan untuk memenuhi tantangan global dalam pasokan makanan dan degradasi lingkungan pertanian yang berbasis pengetahuan dengan mengusulkan pilihan untuk intensifikasi sistem produksi sambil menabung dan meningkatkan potensi produktif sumber daya alam untuk generasi mendatang,” papar Dr. Ronald.

Dijelaskan Dr. Ronald bahwa dalam program SIA terbagi dalam tiga spesialisasi ilmu yang dapat dipilih mahasiswa. Mereka adalah International Agribusiness and Rural Development Economics yang bertempat di Universitas Gottingen, International Organic Agriculture yang bertempat di Universitas Kassel, dan Tropical Agriculture yang secara bergantian menempuh pendidikan di dua universitas tersebut.

Menurut Dr. Ronald, program master ini menawarkan prospek karir yang menjanjikan. “Perusahaan pemerintah maupun swasta tingkat nasional dan internasional saat ini tengah mencari tenaga ahli yang mampu menghadapi tantangan dalam keberlanjutan bidang pertanian lokal maupun global. Lulusan program ini mampu menjawab tantangan tersebut serta mumpuni untuk melanjutkan ke tingkat lebih lanjut, misalnya program doktor,” jelas Dr. Ronald.

Ia mengungkapkan bahwa program ini sangat cocok bagi mereka yang telah menempuh pendidikan Sarjana Pertanian atau bidang lain yang terkait. Untuk mengikuti program ini, calon mahasiswa setidaknya perlu memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 dengan tingkat kemampuan bahasa Inggris 550 poin untuk TOEFL.

Dr. Ronald juga menjelaskan, untuk mendaftar sebagai mahasiswa program ini, tinggal mengisi formulir aplikasi secara online di http://www.uni-goettingen.de/sia. Di situs itu pula, pendaftar dapat mengetahui informasi lebih lanjut mengenai program tersebut. (eh)*

Sumber : http://www.unpad.ac.id/archives/16409

Leave a comment

Filed under Activities

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s