Ingin Terus Menulis

Lama aku tak hadir di sini. Aku memang menulis tiap hari, bahkan pada hari libur. Selain tulisan untuk memenuhi tanggungjawab pekerjaan, juga catatan atau curhat yang perlu kutulis. Namun, banyak yang tidak/belum kuunggah di sini. Kali ini aku kembali di sini. Bahkan ke depan, aku ingin lebih rajin menulis di sini. Atau memidahkan tulisanku di tempat lain menuju ke sini. Agar blog ini terus hidup.

Mengapa menulis? Agar aku tetap waras. Menulis membuatku lebih lega, pikiran dan hati. Entah ini apa namanya yang kurasakan ini. Tapi aku juga bisa dibuat stres oleh tulisan yang harus kukerjakan karena tanggungjawab dan detlen. Meskipun sesudah itu aku akan mendapatkan kelegaan dan kepuasan berlipat. Selain mendapat keuntungan finansial, juga merasa kehadiranku di dunia ini lebih berguna.

Sebuah tulisan adalah hasil sebuah proses. Ini tahun ke-11 aku menyadari menyukai dunia tulis. Sejak tulisan esai pendekku berjudul Pemuda dan Tradisi Menulis dicetak di sebuah majalah, pada tahun 2002, aku menyadari bahwa aku tertarik dalam dunia penulisan dan ingin menekuninya. Dalam perjalanan selanjutnya, aku terus menulis, untuk dipublikasikan maupun dokumen pribadi.

Untuk apa menulis? Karena tulisan bisa menjadi jendela untuk melihat dunia. Mulai dari buku, majalah, koran, artikel di portal online, catatan blog, leaflet, panduan teknis suatu alat, hingga tulisan di bungkus kosmetik, semua mengandung informasi. Maka, aku pun ingin menjadi bagian dari mereka yang menulis informasi.

Bagiku menulis pada mulanya adalah hobi. Pikiran yang berlarian di kepala mustinya bisa tuangkan dalam tulisan. Selanjutnya, aku mulai berpikir bahwa aku ingin menghidupi diri dari hobiku. Jadi, dalam melakukan hobi itu ada tanggungjawab yang mengiringinya. Ada kaidah-kaidah penulisan yang harus kutaati. Misalnya, saat menulis hardnews, aku harus patuh untuk tidak memasukkan opini. Saat menulis feature, aku harus menggali sisi kemanusiaan dengan cara baik.

Tidak semua perjalanan bergulir mudah, ada masa-masa sulit. Misalnya harus beradaptasi dengan tema yang kurang menarik. Saat verifikasi data pendukung tulisan, kadang tidak bisa dikerjakan secara singkat. Tapi, karena aku bekerja dengan passion, ada semangat untuk tidak ingin menyerah dalam belajar.

Lalu, di blog ini adalah salah satu wadahku untuk menuliskan apa saja yang bagiku menarik. Tentang semua yang terjadi di bawah matahari yang ditangkap dari mataku. Juga, tentang caraku memandang dunia. Di sini aku lebih bebas mengungkapkan karena aku tidak dibatasi kaidah penulisan.

Semoga aku bisa berkomitmen untuk terus menghidupi blog ini. Kalau bisa, bahkan aku ingin menulis dalam bahasa Inggris lebih banyak. Aku punya cita-cita yang belum terwujud, ingin sekolah menulis di Eropa. Dan satu hal penting yang harus kucapai adalah skor IELTS in writing minimal 7.0. Bisa gak ya?🙂

Cibubur, 23 April 2013.

Leave a comment

Filed under Lifestyle

Leave a Reply

