Robot

Hei, kenapa tiba-tiba aku bicara soal robot? Selama ini aku tidak begitu memperhatikan perihal robot. Mungkin karena pengetahuanku soal robot sangat terbatas. Robot yang paling hadir dalam pikiranku dan familiar di sekitarku adalah mainan untuk anak laki-laki. Jauh sebelum hari ini, aku memang sudah pernah lihat tayangan robot yang bisa berfungsi layaknya manusia. Seperti mengambil barang atau jalan-jalan mendeteksi kebakaran. Lihat dimana? Di TV. Dan itu seperti dunia yang jauh dariku, tidak begitu hadir di pikiranku.

Sebelum ini, aku punya teman yang studi Teknik Elektro, kadang bicara soal robot dan perlombaan merakit robot. Tapi selama ini aku tak benar-benar memperhatikan. Tak satupun aku mengenali jenis robot. Robot yang paling kutahu adalah Satria Baja Hitam. Waduh! Eh, itu robot bukan ya? Haha. Selain itu, Robocop, itupun aku belum pernah nonton tayangannya, hanya tahu dari kaos teman bergambar serupa robot dan bertulisan Robocop. Tunggu dulu, Robocop itu robot bukan ya?😀. Aku sengaja gak googling, biar keluguanku soal robot terasa maksimal. Halaaah. :p

Terus tadi pagi, teman kantor memintaku untuk bikin teks copywriting untuk dua buku tentang robot, yaitu teks yang digunakan untuk iklan mempromosikan buku. Teks harus selesai dalam waktu kurang dari setengah jam. Matilah aku! Tapi aku sanggupi, sekalian belajar mikir cepat dan nulis cepat. Setelah baca cepat seperlunya dan bolak balik lembar buku, jeng jeng jeng, teks selesai! Tentu saja diperiksa lagi oleh temanku itu dan sedikit editing. Sepertinya tugas sederhana, tapi bagiku ini penting dalam karirku untuk meningkatkan skill menulis. Lagi-lagi, hari ini aku belajar dan praktek copywriting. Jiaaah!😉. Buat orang yang buta soal robot sepertiku, aku ingin koprol untuk diriku sendiri atas selesainya teks itu.😀

Nah, dari baca cepat itu, aku jadi tahu sejarah robot, jenis-jenisnya, dan perlombaan robot dunia. Dari kedua buku itu, aku menyimpulkan bahwa robot paling terkenal sepertinya Transformers. Aku sudah sangat sering dengar judul film Hollywood itu, tapi sama sekali belum pernah mencari tahu. Karena lihat kover filmnya terasa sangat maskulin (aku suka film drama. :D), jadi nggak tertarik ingin tahu lebih. Bahkan baru tahu hari ini kalau Transformers itu robot. (pasang emoticon tutup wajah).

Jadi, pengetahuan hari ini adalah robot bukan hanya Transformers, tetapi tergantung jenis dan fungsinya. Bahkan, mesin ATM itu termasuk robot (kalau soal ini aku sudah tahu sejak lama). Sejak buku itu disusun oleh temanku. Soalnya yang kuingat sekilas hanya itu. Saat itu selama ini aku masih berpikir robot adalah Satria Baja Hitam. Xixixi.

Lalu malamnya, saat buka FB, aku mendapati timeline barisan paling atas, kutemukan seseorang posting berita juara kompetisi robot tingkat internasional. Tepatnya tim mahasiswa UGM memenangkan dua kompetisi robot di dua kota di US. Dua emas dan sekian perak. Juara 1 untuk lomba robot yang intinya menguji kecepatan robot dalam mematikan api. Selain itu pasti ada ukuran-ukuran lain yang digunakan dalam penilaian, konon robot yang dibuat oleh anak bangsa Indonesia tersebut bentuknya unik menyerupai laba-laba.

Begitu saja, aku hanya ingin menyampaikan hari ini aku mendapatkan pengetahuan soal robot dan aku terinspirasi menulis ini. Dan aku ingin mengajakmu terlibat di sini, yaitu menjawab pertanyaanku. Apakah Satria Baja Hitam dan Robocop itu termasuk robot? :p ^_^

23 April 2013.

Leave a comment

Filed under Lifestyle

Leave a Reply

