Mengapa Ngeblog?

Akhir-akhir ini aku sedang cukup banyak menumpahkan perhatian pada blog. Aku punya beberapa blog dan berusaha bisa merawat semuanya. Meskipun ternyata ada juga yang terbengkalai.

Kenapa harus punya blog lebih dari satu? Ibarat blog adalah sebuah rumah, boleh kan punya rumah lebih dari satu? Yang paling penting adalah bisa memanfaatkan sebaik-baiknya. Di blog ini sebenarnya aku ingin banyak menulis terkait Biologi, tetapi ternyata malah banyak tentang hal lain. Di blogku yang lain, aku mungkin tampil pseudonim. Di blog lainnya lagi, tempat curhatku haha-hihi nggak jelas.😀. Namun, ‘curhat gak jelas’ itu kadang penting dan perlu buatku (dan mungkin nggak penting buat yang orang lain). Aku juga punya blog yang ditulis bersama. Juga, ikut blog komunitas dimana aku menjadi salah seorang yang kerap berbagi di sana. Untuk tulisan di blog-blog tertentu, aku nggak peduli itu dibaca orang atau tidak. Misalkan itu sebuah rumah, aku merdeka memilih properti untuk kusimpan atau kupajang di rumahku.

Kenapa harus ngeblog? Blog buatku menjadi tempat bermain dan belajar.’Bermain’ artinya aku bisa menuangkan pikiran tentang berbagai hal yang menurutku menarik. Aku tidak terikat oleh aturan baku ini itu. Meski begitu, aku tetap ingin menulis dengan ejaan yang benar, diksi yang tepat, dan struktur kalimat yang baik. Tapi ada saat-saat tertentu, aku ingin menulis dengan gayaku sendiri.

‘Belajar’ yang kumaksud adalah dengan menulis aku bisa menggali sesuatu lebih jauh dalam menyampaikan gagasan, informasi, dan cerita. Juga sebagai wadah untuk membiasakan diri praktik tata bahasa. Selain itu, tulisan yang disebarkan ke publik membuka peluang untuk diapresiasi. Kritik pembaca yang jeli dapat membantu kita mengoreksi kekeliruan tulisan atau data, sehingga memicu untuk lebih baik lagi ke depan. Atau, apresiasi pembaca yang memperkuat gagasan sehingga kita termotivasi untuk terus menulis.

Sekarang ini aku sedang suka belajar copy editing. Aku perlu belajar lebih serius lagi agar menjadi copy editor yang baik dan bisa diandalkan. Aku tahu hal itu tidak diperoleh dengan instan. Namun, seiring waktu semakin banyak menangani naskah, kepiawaian mengedit akan semakin terasah. Saat melihat kembali tulisan-tulisanku yang telah lalu, aku jadi bisa mengoreksi kekeliruan bahasa tulisku. Selain juga sambil nostalgia mengenang momen-momen yang kuabadikan itu. Inilah ruang bermain dan belajarku.

Depok, 2 November 2013.

 

2 Comments

Filed under Activities, Lifestyle

2 responses to “Mengapa Ngeblog?

  1. alasan “mengapa ngeblog” nya saya suka🙂 salam kenal.

Leave a Reply

