Simbol Agama

Tulisanku tentang review buku baru saja dimuat di sebuah majalah online. Temanku baru saja memberitahu sekaligus mengabarkan, “fotomu nggak ada.” Tentu saja bagiku nggak masalah, ada atau tidak fotoku menyertai tulisanku bukan hal penting. Lalu tiba-tiba menjadi penting ketika temanku berkata lagi, “karena fotomu nggak berjilbab.”
“Oh ya? Negara ini masih Republik kan? Atau sudah Khilafah?” tanyaku. “Aku juga bilang ke editornya, masih jadi editor majalah sudah melakukan pelanggaran HAM,” sahut temanku. Editornya kebetulan kolega temanku itu. Entah dia sungguh mengatakan itu atau tidak pada sang editor.

Entah mengapa ini menjadi penting untuk aku tulis di sini. Untuk menyadari bahwa mungkin itu bagian dari gaya selingkung mereka. Belakangan baru kutahu semua penulis majalah itu harus beragama Islam dan jika perempuan, foto harus berjilbab. Bagaimana dengan penulis lelaki? “Jadi, kalau aku mau kirim tulisan, fotoku harus berkoko dan kopyah?” temanku mengajukan pertanyaan tersebut pada sang editor. Dan jawabannya, kalau lelaki katanya tidak perlu pakai simbol agama.

Aku menduga itu alasan gaya selingkung semata, bukan ideologi. Kalau alasan ideologi, misal media tersebut menganggap tidak layak menampilkan perempuan tak berjilbab, harusnya konsisten. Masalahnya, mereka juga menampilkan foto buku yang covernya berisi perempuan tak berjilbab. Saat aku mengirim tulisan belum tahu ada syarat menulis di sana adalah muslim. Aku mengirim tulisan tanpa bukti apapun yang menunjukkan agamaku. Mungkin karena namaku Arab jadi diasumsikan Islam, maka dimuatlah tulisanku. Padahal buku yang kuresensi itu buku umum, tak ada kaitan dengan Islam. Bagaimana kalau namaku tidak berbahasa Arab, ditambah fotoku tak berjilbab, apakah mereka akan memuat tulisanku?

Catatan lama,

Cibubur, Maret 2013

2 Comments

Filed under Conservation

2 responses to “Simbol Agama

  1. lucu ya…haya gara2 jilbab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s