Setelah Catatan Ke-100

Belakangan ini aku mengurangi baca berita politik dan kritik. Sedang tidak benar-benar yakin dengan apa yang terjadi di negeri ini. Juga, di media sosial malas berkomentar soal perseteruan polisi dan KPK. Setidaknya dengan diamku mengurangi sekian Desibel keberisikan dunia.šŸ™‚

Aku sedang lebih tertarik sesuatu yang personal. Mengamati dan menulis hal-hal yang sederhana dan mengapresiasinya dengan lebih berharga. Mendengarkan suara-suara terlirih. Termasuk suaraku sendiri. Bukan sesuatu yang serius yang berpengaruh pada negara. Ups!

Sebelumnya, aku baru mendapatkan notifikasi tentang tulisanku yang ke-100 di blog ini. Blog ini hampir 3 tahun. Aku ngeblog sejak 2004 di Friendster dan Multiplay. Tapi karena FS dan MP tutup, hampir semua tulisanku hilang. Beberapa yang pendek-pendek terselamatkan, kucetak dalam sebundel buku. Semoga WordPress berumur panjang, hingga kelak ini bisa diakses keturunanku. Dan tentu saja mudah-mudahan aku bisa meninggalkan jejak-jejak yang baik di sini. Aku coba menulis hal-hal jujur yang kupikirkan, kulihat, kualami, kucerna, kuolah, dan kurasakan di sini. Kalaupun tidak menginspirasi kebaikan, semoga tidak memperburuk keadaan. Lalu apa hubungannya dengan mengurangi baca berita politik? Artinya, aku mungkin akan lebih sering menulis hal yang personal, seperti tentang kehidupan, perjalanan, perasaan, cinta, dan persahabatan.

Pada mulanya aku membuat blog ini untuk sesuatu yang serius. Mungkin tepatnya “blog agak formal”. Aku ingin mencatat isu-isu konservasi, pertanian, lingkungan, dan kesehatan dengan bahasaku sendiri. Ternyata dalam perjalanannya aku lebih banyak menulis hal-hal personal. Malah kebanyakan kisah konyol. Haha. Maaf yah kalau pembaca kecewa. Tapi percayalah, kalau saat itu aku menulis hal serius seputar agrokompleks, sepertinya juga membosankan. Aku belum menemukan format tulisan dan gaya yang tepat untuk menyampaikan tema-tema itu dengan bahasa yang aku sendiri merasa asyik. Apa sih menariknya seandainya aku menuliskan pengalaman menumbuhkan selada organik yang bolak-balik mati? Adanya sih jadi cerita konyol.šŸ™‚

Kenapa aku waktu itu sempat tertarik menulis agrokompleks? Pertama, agar rasaku menghayati Biologi tidak hilang. Kedua, karena saat itu aku sedang mengerjakan proyek menulis ratusan artikel pendek tema kesehatan. Kesehatan yang hanya mengulas hal besarnya saja dengan menulis ulang (rewrite) dari berbagai sumber. Kupikir kenapa nggak sekalian tema agrokompleks? Itu juga dekat dengan Biologi.

Selain itu, untuk menampung berbagai pikiranku terkait penulisan, jurnalistik, dan akting. Akhirnya tercetuslah bikin blog bermenu serius dengan kategori: Conservation, Agriculture, Environment, Health, Writing&Journalism, Lifestyle, Business, Activities, and Theater. Dan hasilnya? Syalalala. Kebanyakan Activities-nya!šŸ™‚

Akhirnya blog ini kubiarkan akan ke mana saja arahnya, terserah mood-ku melaju. Kadang menulis serius, kadang curhat. Kayaknya kebanyakan curhatnya. Padahal aku punya blog khusus buat curhat ngalor ngidul. Tapi di sini malah curhat lagi. Tapi percayalah di sini aku berusaha menghindari curhat menyek-menyek. Kalau curhat konyol nggak papa kali ya. Ya nggak papa dong, wong ini blogku. Sak karepku!šŸ™‚

Semoga siapapun pembaca blog ini, bisa mendapatkan “sesuatu” yang kubagi, bukan sekadar potongan-potongan kosong. Semacam pelajaran hidup dari perjalanan yang sementara ini. Kalaupun tak ada, atau malah tak ada yang baca, bukan sebuah perkara. Aku telah melakukan bagianku, jika kamu menemukan halaman ini, kamu dapat memiliki ingatan yang kupunyai.

Bila kamu sampai di halaman ini, kubiarkan kamu melihat pikiranku telanjang di sejumlah bagian. Tapi jangan protes ya ketika menemukan bagianku yang menurutmu tidak molek!šŸ™‚. Terima kasih.

Depok, 05 Januari 2015

Leave a comment

Filed under activites

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s