Kontemplasi

Orang-orang berdebat tentang Tuhan itu ada atau tidak ada. Agama itu buatan manusia atau buatan siapa. Para nabi itu benar mendapatkan wahyu ata hanya merasa. Akhirat itu ada atau tidak. Surga dan neraka itu ada atau tiada. Jika ada, apakah seperti yang tergambar dalam kitab-kitab (yang dianggap) suci atau hanya metafora. Dan aku pernah ada di dalam perdebatan itu. Perdebatan macam itu mungkin perlu atau mungkin juga tidak perlu. Perlu bagi yang membutuhkan. Beriman dan tidak beriman urusan personal. Setiap orang punya sejarah dan perjalanan batin yang berbeda, jalan yang dipilihpun kemudian berda-beda.

Dan aku lebih senang dan tenang jika percaya Tuhan itu ada dan dia berfirman dengan beragam tanda. Mendidik manusia dengan berbagai cara. Quran yang sampai di tanganku mungkin bagian dari caraNya mengenalkan diri padaku. Pada manusia-manusia lain mungkin Dia menyentuh dengan cara berbeda. Jika Dia Maha Adil, tidak mungkin memberi jalan pilih-pilih kasih. Dia yang menurunkan manusia ke bumi, tidak mungkin Dia menginginkan manusia agar sengsara di dunia. Mata manusia mungkin melihat setiap manusia diberi paket kelahiran yang berbeda-beda, tapi bisa jadi di mata Tuhan paket tersebut bernilai sama. Kenyataannya, kebahagiaan hakiki itu tidak ditentukan oleh harta benda turunan, cantik/ganteng turunan, pintar turunan, dan semacamnya yang dibawa sejak kelahiran.

Jadi lupa mau nulis apa tadi. Cuma mau menyimpan ayat-ayat ini untuk penguat diri. Diambil dari status Tika di Facebook.

And do not kill yourselves. Surely, God is Most Merciful to you. (Quran 4:29)
And do not throw yourselves in destruction.(Quran 2:195)
And whoever oppresses (commits injustice) among you, We will make him taste a great punishment. (Quran 25:19)
But those who believe and do deeds of righteousness, We shall admit them to the Gardens under which rivers flow (i.e., in Paradise), to dwell therein forever. [It is] the promise of God, [which is] truth, and whose words can be truer than those of God. (Quran 4:122)
So verily, with hardship, there is ease. (Quran 94:5)

 Aku percaya meyakini nilai-nilai dalam agama bisa membuat orang bahagia, lebih kuat, lebih baik, dan lebih menikmati hidup. Mungkin tidak untuk semua orang, tapi setidaknya untukku. Dan aku tak ingin berdebat soal itu.
Depok, Agustus 2015.

Leave a comment

Filed under Conservation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s