Kursus Online ‘Islam, Keragaman, dan Membangun Perdamaian’

Ini hari pertama saya kursus online tentang “Islam, Keragaman, dan Membangun Perdamaian”. Kursus ini difasilitasi oleh sebuah lembaga antaragama di Timur Tengah. Kursus ini akan berlangsung selama 4 sesi. Sesi I akan berlangsung selama 6 minggu. Tujuan kursus Sesi I ini adalah membuka refleksi antara muslim, agama dan budaya lain. Ketiga hal itu akan dipelajari melalui 3 perspektif.

1. Perspektif Sejarah, meliputi pertemuan/perjumpaan (encounters), polemik, dan bentrokan (clashes).
2. Perspektif Geopolitik, akan mengupas soal identitas, keragaman (diversity), dan asimilasi.
3. Perspektif Teologis, akan mempertanyakan bagaimana Islam mempersepsikan agama-agama lain, dan pengalaman religius lainnya.

Kursus ini adalah beasiswa, diperoleh dengan mendaftar sebuah “Call for Application” yang salah satu syaratnya menuliskan 4 esai pendek, per esai berjumlah 300-500 kata dalam bahasa Inggris.

Kursus ini untuk 30 orang, (sepertinya ditawarkan) untuk negara-negara Islam atau mayoritas penduduknya Islam. Peserta tidak harus beragama Islam, tetapi diutamakan yang paham dunia Islam. Di formulir pendaftarannya juga ditanya soal kemampuan bahasa Arab, yang opsinya hanya Intermediate dan Advance. Saat daftar, kemampuan bahasa Arab saya Basic. Sempat ragu mendaftar karena keterbatasan bahasa Arab saya. Di websitenya video pengantarnya juga pakai bahasa Arab, tetapi ada subtitle Inggris. Ketika saya terpilih, tentu saja sangat bersyukur.

Di antara 30 orang ini, sejauh yang saya tahu, saya satu-satunya dari Indonesia. Setelah mendapatkan surat penerimaan dan menandatangi surat komitmen, lalu mengirimnya via email, diberi password untuk membuka sebuah web khusus. Web tempat materi diunggah dan mengisi profil berupa nama, asal negara, foto, dll.

Di sana ada materi yang akan dipelajari selama 6 minggu ke depan. Juga ada kuis perdana. Tujuh pertanyaan dengan durasi 10 menit. Kuis perdana ini memiliki tenggat waktu 3 hari. Dalam perjanjiannya, kami harus meluangkan waktu minimal 6 jam seminggu untuk kursus ini.

Setelah membuka halaman web sebagai pengguna dengan password, nampak profil peserta lain. Sebagian peserta adalah kandidat PhD, selebihnya aktivis perdamaian dan jurnalis. Mereka dari negara-negara di Timur Tengah. Di antaranya Irak, Palestina, Maroko, Tunisia, Yordania, Lebanon, Yaman, Mesir, dan Mauritania.

Kursus dibimbing oleh 3 Profesor dari sejumlah negara, satu staf untuk masalah teknis, dan seorang fasilitator atau manager program. Fasilitatornya seorang penulis ternama sekaligus jurnalis dari Palestina. (Untuk sementara, dengan berbagai alasan, nama-nama mereka tidak saya disebutkan di sini, mungkin lain kali).

Dalam kursus ini, juga perlu menyertakan alamat FB, twitter, blog, dan Skype. Dan berkomitmen untuk menuliskan hal-hal yang mempromosikan perdamaian. Ini sebuah tantangan besar buat saya. Selain materinya yang “wow”, juga menantang saya untuk lebih aktif menulis dalam bahasa Inggris. “Wow” dalam arti lumayan berat, tetapi sangat menarik. Para peserta lainnya memiliki latar belakang pendidikan tinggi terkait Studi Islam dan/atau Perdamaian, sedangkan saya berbekal ngaji di pesantren dan pengalaman di lembaga dakwah. Bahasa Inggris mereka juga sepertinya superfasih. Sepertinya saya butuh belajar lebih keras dari lainnya. Tapi tak mengapa, saya anggap ini sebagai pemanasan untuk mempersiapkan studi lagi. Semoga semua berjalan lancar, efisien, efektif, dan bermanfaat. Tidak hanya untuk diri saya sendiri, tetapi semoga kelak ada yang bisa bagi dan menjadi rahmat untuk semesta ini. Amiin.

Jakarta, 15 Oktober 2015.

Leave a comment

Filed under Activities, Diversity and Peace

Leave a Reply

