Meme Jelang Hari Santri

Hari Santri EditMeme ini banyak beredar menjelang Hari Santri Nasional, 22 Oktober. Tulisan Arab ini semacam parodi lucu-lucuan ngaji Kitab Kuning. Santri, khususnya dari pesantren NU, identik dengan ngaji kitab kuning, kitab berbahasa Arab, umumnya ditulis oleh ulama dari Timur Tengah, yang diterjemahkan ke bahasa Jawa, tetapi ditulis dengan Arab pegon.

Agar meme ini tidak hanya dimengerti oleh para santri, perlu diterjemahkan. Ini kurang lebih artinya begini.
Gambar 1. Baabul Fisbuuqati (Bab yang menerangkan masalah Facebook). Walaa tufasbiquu fii kulli auqaatikum (Dan janganlah terlalu sibuk Fesbukan di setiap waktu Anda semua).
Gambar 2. Baabul Wasafi (Bab yang menerangkan masalah WhatsApp). “Alaikum bilwasafi (Wajib untuk Anda semua memakai WhatsApp). Fainnahu khairun minal Fasbuuqi (karena sesungguhnya lebih bagus dari Facebook).

Tentu saja itu tak ada di kitab manapun, mungkin hanya ada di buku diary santri zaman sekarang.🙂

Kembali ke Hari Santri. Entah kenapa perlu diperingati secara khusus. Kekhususan ini dikhawatirkan bisa menimbulkan kesenjangan bagi yang lain. Misal, bagi kaum abangan, bagi muslim non-santri, bagi murid yang menimba ilmu di yayasan agama non-Islam, dsb.
Bagaimanapun ini sudah telanjur ditetapkan dan wajar jika ada pihak-pihak yang menolaknya.

Ini tantangan buat santri bagaimana pengalamannya belajar Islam secara mendalam di pesantren bisa menjadi rahmat untuk bangsa. Belakangan, negara kita sedang rawan dilanda konflik yang disebabkan oleh para penganut agama yang bersikap fanatik, intoleran, radikal, dan bahkan meneror. Ini tantangan bagi para santri bagaimana menerjemahkan nilai-nilai luhur agama untuk membangun dan menjaga keutuhan Indonesia Bhinneka Tunggal Ika.

Seperti kita diketahui, hari Santri nasional ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sejak 2015 guna menunaikan janjinya saat kampanye pemilihan presiden 2014. Penentuan tanggal tersebut dilatari oleh peristiwa resolusi jihad ulama Indonesia masa lalu untuk melawan penjajah Belanda.

Sumber gambar: tidak diketahui.

‪#‎Diary‬ (mantan) santri🙂
Laeliya
Jakarta, 21 Oktober 2015.

3 Comments

Filed under Activities, Diversity and Peace

3 responses to “Meme Jelang Hari Santri

  1. baru tau kalau artinya ternyata meme, sekilas kalau gak ngebaca dengan detail pasti dikiranya ayat ayat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s